Sabtu, 05 Desember 2009

UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

Universitas Teknologi “Yogyakarta” (UTY) berdiri pada tanggal 23 Oktober 2002 di kota Yogyakarta. UTY didirikan oleh para pengurus Yayasan “Dharma Bhakti IPTEK” yang telah terbukti memiliki komitmen tinggi memajukan kehidupan anak bangsa melalui lembaga pendidikan yang di kelola sebelumnya. Tujuan pendirian UTY telah digariskan dalam visi dan misi UTY yakni menjadi universitas unggul di kawasan Asia Tenggara pada abad 21 melalui berbagai rencana yang unggul.

UTY bernaung di bawah Yayasan “Dharma Bhakti IPTEK”. UTY merupakan gabungan dari tiga perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yakni : STIE “Yogyakarta”, ABA “Yogyakarta” dan STMIK “Dharma Bangsa”. Penggabungan ini dilakukan karena beberapa alasan, yang salah satunya adalah untuk antisipasi ke depan dalam menghadapi persaingan global. Diharapkan melalui penggabungan ini akan muncul suatu sinergi yang kuat yang berasal dari masing-masing PTS untuk mencapai cita-cita yang dinginkan bersama.

program studi yang ada pada universitas teknologi yogyakarta memiliki keunggulan yang menjadikan mahasiswa mampu mengahapi tantangan masa depan.

1. FAKULTAS EKONOMI

Fakultas ekonomi merupakan perubahan bentuk dari STIE"Yogyakarta" (STIE "YO") dengan bergabung dengan UTY menjadi Fakultas Ekonomi, akan didapatkan sinergi yang kuat dengan bidang ilmu yang lain untuk mewujudkan lulusan bidang ilmu ekonomi yang berkualitas tinggi.
Proses pendidikan FE-UTY berkonsentrasi pada sistem informasi dan Komputer serta didukung oleh dosen-dosen S3 dan hampir semua berstrata S2, kurikulum yang direncanakan dengan cermat dan tepat, dan fasilitas perkuliahan yang memadai, menjadikan FE-UTY kampus ideal untuk mewujudkan cita-cita menjadi profesional bidang ekonomi.

Program Studi
Jenjang
Status
1. Akuntansi
D-3
Berakreditasi A
2. Akuntansi
S-1
Berakreditasi A
3. Manajemen
S-1
Berakreditasi B

Keunggulan :
-
Beasiswa Studi Lanjut ke jenjan S1 ( FE-UTY) atau S2-MM(UGM,UI, IPPM, Prasetya Mulya)
-
Magang Kerja di KAP, & Perusahaan-perusahaan
(PT.Pos Indonesia, Angkasa Pura, Hiswana Migas, dll)
-
Konsentrasi Sistem Informasi dan Komputer



2. FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA

Fakultas Sastra dan Budaya ( FSB-UTY) merupakan perubahan bentuk dari ABAYO yang telah berpengalaman puluhan tahun menyiapkan SDM yang berkualifikasi tinggi di bidang penguasaan bahasa asing. Fasilitas dan kurikulum yang terus menerus diperbaharui untuk menyesuaikan perkembangan jaman dan teknologi semakin memantapkan dan memperkokoh penyelenggaraan pendidikan di kampus ini. Pengalaman dan fasilitas yang terus bertambah ini menjadikan FSB-UTY sebuah tempat yang tempat untuk mempersiapkan Anda masuk dan bersaing di era global. Kurikulum dirancang dengan konsep single entry multi exis untuk menghasilkan lulusan yang dibutuhkan di ERA Global. FSB-UTY is your channel to the global world.

Program Studi
Jenjang
Status
1. Sastra Inggris
S-1
Berakreditasi B
2. Bahasa Inggris
D-3
Berakreditasi B
3. Bahasa Jepang
D-3
Berakreditasi B

Keunggulan :
-
Prospek profesi CERAH
-
Beasiswa berbagai sumber.Kopertis,Japan Airlines, YDB "IPTEK",Ditjen Dikti, Supersemar, dll
-
Magang kerja / on the job training



3. FALKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

Selamat datang di Fakultas Sains dan Teknologi (FST). FST memiliki 7 program studi (lihat tabel) dengan prospek karier yang baik. Dengan didukung oleh dosen-dosen lulusan S2 dan S3 dari dalam maupun luar negeri, FST berkomitmen untuk menghasilkan lulusan Ahli Madya (D3) dan Sarjana (S1) yang tidak saja mampu menjadi tenaga profesional, tetapi juga mampu berwirausaha dan mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang dimilikinya, FST berupaya keras mendidik para mahasiswa menjadi lulusan yang literate dalam teknologi informasi dan komunikasi. Kurikulum tidak saja ditekankan pada teori dan praktek, tetapi juga didekatkan ke dunia kerja melalui kerja praktek mahasiswa diberbagai instansi (pemerintah maupun swasta) dan perusahaan.


Program Studi
Jenjang
Status
1. Teknik Informatika
S-1
Berakreditasi B
2. Sistem Informasi
S-1
Berakreditasi C
2. Sistem Komputer
S-1
Berakreditasi C
3. Manajemen Informatika
D-3
Berakreditasi A
4. Teknik Industri
S-1
Berakreditasi C
5. Teknik Elektro
S-1
Berakreditasi C
6. Teknik Sipil
S-1
Berakreditasi C
7. Teknik Arsitektur
S-1
Berakreditasi C

Keunggulan :
-
Berkerjasama dengan Departemen Perindustrian mengembangkan inkubator industri perangkat lunak teknologi informasi.
-
Bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi menyelenggarakan program sertifikasi bidang TELEMATIKA bagi mahasiswa dan umum.
-
Memiliki Lembaga Bantuan Arsitektur dan Sipil (LBAS).
-
Tersedia beasiswa Prestasi Akademik, Kemampuan Ekonomi, Prestasi Ilmiah, Prestasi Olah Raga dan Prestasi Seni dari YDB IPTEK dan dari berbagai sumber lain (Kopertis wilayah V, Supersemar, Bank Mandiri, PT Jogja Sarana Ventura, dll)
-
Program kuliah ONLINE yang dapat diakses melalui Internet
-
Diselenggarakan seminar dan worshop dibidang teknologi informasi, industri, transportasi, konstruksi, dll.
-
Berbagai kelompok studi mahasiswa (ITSIC, penelitian, komunitas pencinta linux, dll)

6. Fakultas Psikologi

Misi Fakultas Psikologi UTY adalah menghasilkan lulusan profesional di bidang psikologi yang memiliki integritas kepribadian tinggi, tanggap dan memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah psikologi baik bersifat individu maupun sosial. Mahasiswa Fakultas Psikologi dididik oleh dosen-dosen lulusan S2 dan S3. Kurikulum akan dikonsentrasikan dalam psikologi industri, psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi klinis, serta psikologi umum. Dengan proses yang berkualitas diharapkan lulusannya akan dapat memiliki kemampuan dalam menangani problema yang dihadapi individu terutama problema psikis, kepribadian ataupun penyesuaian diri, baik di dalam proses pendidikan, keluarga, tempat kerja, maupun di masyarakat.

Program Studi
Jenjang
Status
1. Psikologi
S-1
Proses Akreditasi

Keunggulan
-
Didukung SDM profesional
-
Prospek lulusan cerah
-
Beasiswa dari berbagai sumber dan sarana prasarana perkuliahan memadai
thank you UTY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar